Hoax: Earthquake predictions

Semalam saat asyik-asyik nostalgia dengan X2 (pemanasan sebelum nonton X3), tiba-tiba… TUIING!! Muncul pesan dari Yahoo! Messenger dari seorang teman baik yang lagi merantau di US.

Menurut CNN,disiarkan 3 hari yang lalu bahwa lempeng bumi di australia sedang bergerak ke utara menuju asia.diperkirakan bisa bertubrukan dengan lempeng bumi di selatan pulau jawa.Diperkirakan 11 hari setelah gempa jogja, atau rabu besok(7 juni) akan adagempa dahsyat dan memungkinkan terjadinya tsunami.Mohon doanya n plis forward ke temen-temen laen, jagan sampai putus di tangan kamu.

Lagi khusyuk nonton, spontan kaget liat popup di layar. Setelah baca, tambah kaget lagi. Dengan malas player terpaksa dimatiin dulu. Browsing bentar… 10 kemudian, senyum, terus sambung nonton lagi…!! 🙂

Aku terkadang kagum dengan banyaknya cerita/ramalan/peringatan yang beredar, terutama yang mengiringi kejadian-kejadian khusus di sekitar kita. Kebanyakan aku dapat dari milis, email sampai yang seperti ini, dari messenger. Sebagian besar, bahkan mungkin semua dari mereka yang mengirimkan berita-berita ini, aku yakin mereka hanya ikut menyebarkannya. Tapi ignorancenya itu… (atau laziness?) yang bikin aku kagum. Apa susahnya mencari dulu kebenarannya yang gak sampe 10 menit bisa ditemukan..?? CNN..?? Tiga hari yang lalu..??? Kalau memang betul, bukannya seharusnya kita sudah tau sekarang..??

Aku cuma membayangkan mereka menerima kisah-kisah ini dari orang lain, baca bentar lalu langsung menghantam Forward to All atau Send to All Contacts atau apalah yang intinya mass forwarding dan melakukannya sekali lagi, just to make sure.

Please, hoax seperti ini harus berhenti. Jangan salah sangka, aku gak punya masalah sosial apa pun dan aku betul-betul sepakat, sadar, paham dan mendorong kalau kita semua harus saling mengingatkan, kita semua harus berdoa. Tapi mengirimkan hal-hal seperti ini tidak membantu siapa pun, terutama di saat seperti ini. Orang-orang yang menerima pesan seperti ini banyak yang akan memfilternya dulu dengan logika, fakta dan sedikit saja riset tapi jauh lebih banyak lagi yang tidak.

Teman-teman, Sumbar & Papua kena gempa juga. Ada peramal yang ngeramalin bakal ada 3 daerah istimewa yang kena gempa. Yang pertama Aceh, Yogya, Jakarta. Dan katanya yang paling parah itu yang terakhir. Jadi sekarang gue minta, apapun agama kita, please sama – sama berdoa buat indonesia. Forward ke teman – teman yang lain!! Jangan sampe putus di tangan kamu.

Message yang satu ini aku terima begitu ngidupin kompie pagi tadi. Lagi-lagi…