Twitter: update via SMS Telkomsel

Twitter seolah menjadi “the next big thing”. Istilahnya, micro-blogging. Sederhana, terkini, dan tetap personal. Ngeblog pendek dan ringkas, menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan; “apa yang sekarang kamu kerjakan?” Idenya persis seperti itu. Tapi kita butuh fasilitas yang memungkinkan pertanyaan tadi dijawab “on-the-spot”, yang bisa menjadi tidak sesederhana yang dibayangkan mengingat tidak setiap saat kita berada di depan kompi, lebih-lebih online, untuk mengupdate twitter yang layanannya berbasis web. Menunggu komputer dan akses internet untuk update menjadikan pertanyaan tentang yang dilakukan “sekarang” menjadi kadaluarsa, sekaligus membuat tujuan kita memulai twitter agak percuma.

Membaca tulisan seniorku tentang update twitter via SMS gateway, muncullah tulisan ini, yang sebetulnya sedikit ironis jika mempertimbangkan peringatanku sebelumnya yang bakal jarang update blog. 😛

Mengupdate twitter via SMS, dengan tarif SMS normal tentunya, bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa registrasi. Sebelumnya aku tuliskan kembali kalau cara ini hanya berlaku untuk pelanggan Telkomsel. Langkah-langkahnya:

  1. Dapatkan email unik untuk account twitter kita di twittermail.com. Prinsipnya, pesan yang dikirim ke email ini akan menjadi update kita di twitter.
  2. Untuk mengirimkan pesan ke email melalui SMS, cukup ketikkan SMS dengan format <email_twittermail>#<update_twitter> (contohnya, [email protected]#update twitter via sms) dan kirimkan ke nomor 5678.
  3. Selesai. SMS akan terkirim sebagai email dari nomor handphone kita dengan subjek “sms2email from telkomsel“. Subjek email diacuhkan oleh twitter. Tarif SMS normal.

Tentu saja cara ini bisa digunakan selain untuk mengupdate twitter. Formatnya tetap sama: alamat email tujuan, langsung diikuti tanda pagar, langsung diikuti pesan email.

Mungkin aman untuk bilang, sejadul apapun HP kamu, pasti bisa kirim SMS. Dan sekarang kamu bisa mengupdate twitter kamu di mana pun, kapan pun. Mohon jangan dibahas kalimat terakhir tadi. Cukup gunakan akal sehat untuk menentukan sendiri batasan “di mana pun, kapan pun”. 😛

Semoga bermanfaat.