Obsession: Propaganda, tapi propaganda siapa?

Fox mengeluarkan film dokumenter baru bernama Obsession dengan tagline “The new documentary about Radical Islam’s war against the West”. Reaksi campur aduk; aku gak bisa membantah kalau ada hal-hal dalam Islam Radikal yang memang “mengganggu” tapi aku juga gak bisa bilang kalau film ini adil.

Poster film Obsession

Yang menggangu adalah bagaimana anak-anak sejak usia (sangat) belia diajarkan kebencian dan kekerasan. Mereka diberi penghargaan bukan untuk puisi yang bercerita tentang harapan dan kedamaian tapi tentang membunuh demi jihad. Mereka dipakaikan seragam tentara, dilatih berbaris, dan menggunakan senjata. Seorang gadis kecil dengan lantang mengatakan ingin menemui Bush, menembaknya lalu menusuknya dengan pedang.

Yang tidak adil adalah Obsession dibuka dengan “disclaimer” bahwa film ini mengakui “mayoritas muslim tidak mendukung teror” dan “film ini bukan tentang mereka”, namun klip-klip video yang ditampilkan setelahnya juga tidak menggambarkan kehidupan cinta damai para muslim untuk dibandingkan dengan kehidupan kelompok keras Islam Radikal yang dikatakan sebagai “ancaman global”. WYSIWYG, semua muslim radikal?

Film ini juga membahas bagaimana Arab menggunakan media sebagai propaganda melawan Barat. Lantas film ini sendiri apa bukan propaganda agar dunia melawan Islam?