Internet Explorer 6 di Windows Vista

Masalah umum para desainer web adalah bagaimana agar halaman yang mereka buat dapat ditampilkan dengan baik pada Internet Explorer 6, browser dengan cacat bawaan lahir yang masih digunakan oleh lebih dari 20% populasi internet. Konyol. Sebuah variasi dari Hukum Pareto pun berlaku di sini, karena hampir 80% waktu dalam proses web design bisa dihabiskan untuk memastikan halaman yang dibuat dapat ditampilkan dengan baik di browser ini.[1]

Dengan angka pengguna IE6 yang masih “cukup signifkan”, kebutuhan untuk menguji desain halaman pada platform browser ini menjadi penting sekaligus membawa persoalan baru. Penyebabnya adalah karena dua versi browser IE tidak dapat dijalankan secara bersamaan pada sistem operasi yang sama dan kebanyakan desainer menggunakan IE7 yang prioritasnya lebih tinggi sebagai browser pengujian. Malah dengan Windows Vista, pilihan ini sudah ditetapkan sejak awal. Beberapa solusi ditawarkan untuk mengatasi hal ini, di antaranya layanan pengujian online berbasis “niat baik orang lain” atau solusi resmi namun berumur pendek dan menguras resource dari Microsoft.

Jendela browser IETester dengan menu pilihan engine IE

Namun sekarang, ada sebuah solusi yang jauh lebih baik yaitu menggunakan IETester, browser gratis yang dapat merender halaman dengan engine IE6 langsung dari sistem operasi Windows kita sendiri! Engine yang didukung bukan hanya IE6, tapi IE5.5 sampai IE8 Beta. Saya telah mencoba browser ini dan puas dengan kinerjanya. Dengan aplikasi ini, pengujian halaman web untuk engine Internet Explorer 6 ke bawah menjadi sangat mudah. Tidak ada lagi menebak-nebak, atau menunggu hasil sceenshot, atau menghubungi teman malam-malam untuk dimintai bantuan.

Walau demikian, IE6 tetap sucks. 🙂

Download IETester