Design inspiration behind andi.saleh.web.id

Seorang desainer mencipta untuk menginspirasi. Proses mencipta ini sendiri tidak mudah, baik dalam waktu maupun pemikiran. Inspirasi membantu penciptaan. Inspirasi ini bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Di bidang desain web, saya sudah banyak melihat desain yang seperti saling menginspirasi. Beberapa dengan eksplisit mengakuinya. Di sisi yang berbeda, saya juga sering melihat desain yang bulat-bulat hasil mencuri. Susahnya, pendapat kalau imitasi adalah bentuk tertinggi dari sebuah pujian seakan-akan mempersilahkan sebuah desain dicuri atas nama inspirasi.

Di tulisan ini saya ingin berbagi pada semuanya sumber inspirasi di balik pembuatan situs ini. Saya berharap dengan tulisan ini kita bisa belajar bahwa kita dapat terinspirasi oleh semua hal hebat dan indah yang ada di sekitar kita, namun tetap menjadikannya unik dan khas dengan gaya kita masing-masing. Buka mata, kelilingi situs-situs dengan desain indah. Jangan merendahkan diri dengan hanya mengimitasi. Terinspirasilah olehnya. Menciptalah dari inspirasi itu dan jadikan ciptaanmu sumber inspirasi baru yang unik dengan gayamu sendiri. Dengan ini kita membawa pengakuan untuk keahlian yang kita miliki dan tetap menghargai mereka yang telah menginspirasi kita.

Sumber inspirasi

Situs-situs dan elemen desain berikutlah yang menginspirasi saya sepanjang pembuatan situs ini.

N.Design Studio

ndesign-studio

Menu navigasi dengan icon tersendiri seperti di N.Design Studio. Entah mengapa, saya sangat menyukainya. Tentunya icon berwarna-warni tidak akan cocok dengan keseluruhan situs ini jadi saya menggunakan icon satu warna yang sederhana.

Microsoft Windows Vista

vistains1

Seiring pembuatan situs ini saya mulai menyadari kalau saya memang memulai dengan empat menu utama tapi bagaimana kalau nanti akhirnya saya menambahkan halaman Freebies berisi resource yang saya sediakan secara gratis? Mungkin saya perlu memisahkan Services menjadi halaman khusus yang juga butuh tempat tersendiri di navigasi? Bagaimana nanti kalau halaman Archive saya sudah siap?

Melihat besarnya kemungkinan menu di navigasi ini tertambah-sementara lebar situsnya tidak-saya memutuskan untuk memangkas lebar tiap item menu. Caranya? Jawabannya ada tepat di depan mata. Tepatnya di sudut kiri bawah layar saya sendiri. Sekarang saya bisa menderetkan belasan icon tanpa khawatir kehabisan tempat.

Alamsyah Rasid Blogry

alamsyahrasyidnetins

Konsep untuk menu navigasi sudah ditetapkan. Icon kecil untuk tiap menu. Selanjutnya tentu saya harus menemukan bagaimana cara agar pengunjung situs ini mengetahui fungsi dan isi masing-masing icon. Kebetulan seorang sahabat dekat yang juga seorang web developer, Alamsyah Rasyid,Β  baru saja mengganti theme untuk blognya. Melihat mulusnya animasi kotak artikel terbarunya, menginspirasi bentuk akhir menu navigasi situs ini.

Barack Obama

barackobamacomins2

Obama bukan hanya menginspirasi dunia lewat slogannya, “Hope” dan “Yes We Can”, tapi juga menginspirasi kotak dan list Connect yang saya gunakan. Seandainya saja layanan dan situs social networking yang saya ikuti juga sebanyak Obama.

Arthemia Premium WordPress Theme

arthemiains

Michael Jubel Hutagalung dengan sangat efektifnya memanfaatkan jQuery untuk daftar Featured Articlenya di Arthemia Premium. Daftar ini akhirnya berpindah fungsi untuk menampilkan slide portfolio saya di situs ini.

Problogger

probloggernetins

Siapa yang tidak pernah berkunjung ke situs milik Darren Rowse ini? Dari kotak ini saya mengambil konsep pengelompokan metode subscribe yang terasa sangat sederhana dan mudah digunakan.

Tidak sulit bukan? Menemukan inspirasi dan memadukannya dengan kebutuhan dan gaya kita sendiri. Saya bisa melakukannya. Saya selalu dan akan tetap melakukannya. Giliran saya untuk menginspirasipun pada akhirnya akan tiba. Kalau saya bisa, tentu Anda juga.